Connect with us

Travel

Aneka Kuliner di Semarang yang Cocok Jadi Menu Makan Siang

Avatar

Published

on

Aneka kuliner di Semarang yang cocok jadi menu makan siang kali ini. Bagi kamu yang bingung mencari menu makan siang, aneka kuliner di Semarang ini bisa jadi pilihan yang pas. Kuliner di Semarang ini mempunyai cita rasa lezat dan menggugah selera yang sayang jika tidak dicoba.

Menariknya lagi, harga satu porsi kuliner di Semarang ini dijual dengan harga yang ramah di kantong. Kuliner di Semarang ini ada yang buka sejak pagi hingga sore atau malam setiap hari. Jika tidak ingin makan nasi, tahu gimbal bisa jadi pilihan untuk menu makan siang.

Tahu Gimbal Lumayan Pak Man menjadi kuliner favorit banyak orang yang ingin mencari menu makan siang. Tahu Gimbal Lumayan Pak Man bisa dijumpai di Jalan Plampitan No.54, Semarang. Apabila ingin makan siang dengan tahu gimbal ini, kamu bisa datang ke gerainya pukul 11.00 16.00 WIB.

Sering dijual sebagai oleh oleh, bandeng presto juga bisa jadi pilihan untuk makan siang. Bandeng presto dijual di beberapa warung dan toko oleh oleh di Semarang yang bisa kamu beli. Bandeng presto enak disajikan bersama nasi hangat dan sambal pedas.

Bagi kamu pecinta babat, Babat Gongso bisa jadi pilihan untuk menu makan siang. Ada banyak warung babat gongso di Semarang yang bisa kamu kunjungi. Babat gongso di Semarang disajikan dengan bumbu pedas dan diberi taburan bawang goreng.

Harga satu porsi bisa dibeli mulai Rp 15 ribuan. Mi Kopyok Pak Dhuwur berlokasi di Jalan Tanjung No.18A, Pandansari, Semarang. Warung Mi Kopyok Pak Dhuwur ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 16.00 WIB.

Mi kopyok ini disajikan dengan mi kuning ditambah irisan tahu, tauge, hingga taburan bawang goreng. Mi Kopyok Pak Dhuwur bisa dibeli mulai Rp 13.000 per porsi. Menu makan siang berikutnya adalah bakso kakap Pak Wahid yang menggugah selera.

Satu porsi bakso ini berisi beberapa bakso daging yang empuk dan enak dengan sawi hijau yang disiram kuah gurih. Satu porsi bakso kakap juga diberi taburan bawang goreng yang renyah dan lezat. Kamu juga bisa makan siang di warung Ayam dan Bebek Goreng Pak Thori Semarang.

Menu andalan warung ini ada daging bebek empuk dan gurih. Ada dua pilihan cara pengolahan, yaitu digoreng atau dibakar yang bisa dipilih sesuai selera. Warung ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 11.00 23.00 WIB.

Warung gulai Pak Sabar berlokasi di Jalan Tanjung Mas, Semarang. Jika ingin mencicipi gulai kambing lezat ini, kamu bisa datang ke warugnya mulai pukul 09.00 22.00 WIB. Gulai ini disajikan dengan kuah lezat dan lumayan kental.

Tugas dan pendidikan ialah mengusahakan agar anak tidak mempunyai anggapan keliru bahwa kebaikan sama dengan bersikap loyo dan kejahatan sama dengan bersikap giat.

Travel

dari Masjid Saka Tunggal hingga Masjid Wapauwe 4 Masjid Tertua di Indonesia

Avatar

Published

on

Indonesia terbentuk dari akulturasi budaya dan agama, salah satunya adalah Islam. Ada banyak teori yang menjelaskan kapan tepatnya Islam masuk ke Nusantara. Ada yang mengatakan sejak abad ke 7 SM, ada pula yang mengatakan sejak abad ke 13 oleh para pedagang muslim dari Arab, India, dan Persia.

Tak heran Indonesia punya banyak bangunan bersejarah berupa masjid. Masjid yang dibangun tahun 1288 ini terletak di Desa Cikakak, Banyumas, Jawa Tengah. Sejarahnya tertulis pada kitab kitab yang ditinggalkan oleh pendiri masjid ini yaitu Kyai Mustolih.

Sayangnya, kitab kitab tersebut telah hilang. Sesuai namanya yakni Saka Tunggal, masjid ini memiliki tiang penyangga bangunan masjid yang dulunya hanya satu buah. Masjid tertua di Maluku ini dibuat dari gaba gaba (pelepah sagu yang dikeringkan) dan beratapkan daun rumbia.

Meski sudah sangat tua, Masjid Wapauwe masih digunakan untuk tempat beribadah. Masjid ini berbentuk bujur sangkar. Konstruksi bangunan induknya dirancang tanpa memakai paku atau pasak pada setiap sambungan kayu.

Masjid kuno ini terletak di Kelurahan Ampel, Surabaya, Jawa Timur. Masjid ini didirikan pada 1421 oleh Sunan Ampel dengan luas 120×180 meter persegi. Masjid ini dikelilingi bangunan dengan arsitektur gabungan Tiongkok dan Arab.

Di samping kiri halaman masjid, terdapat sebuah sumur yang diyakini bertuah. Masjid Agung Demak dipercaya menjadi tempat berkumpulnya para ulama (wali) yang menyebarkan agama Islam di Tanah Jawa, alias Wali Songo. Pendiri masjid ini diperkirakan adalah Raden Patah, raja pertama dari Kesultanan Demak.

Bangunan induk masjid memiliki empat tiang utama yang disebut saka guru. Atapnya berbentuk limas yang ditopang delapan tiang, disebut saka majapahit.

Continue Reading

Travel

Surga Tersembunyi di Bener Meriah Jelajah Air Terjun Berawang Tampu

Avatar

Published

on

Kabupaten Bener Meriah di Aceh menyimpan potensi keindahan alam yang mengagumkan. Sehingga banyak di antaranya menjadi destinasi wisata populer. Seperti halnya Air Terjun Tansaran Bidin yang merupakan air terjun terpopuler di Indonesia yang telah mendapat penghargaan Anugerah Pesona Indonesia Award 2019 pada kategori 'Surga Tersembunyi Terpopuler'.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah, Irmansyah S STP MSP melalui Kabid Pemasaran Pariwisata, Drh Agus Nurza Z MSi, Rabu (29/7/2020) menjelaskan, sejumlah destinasi baru juga bermunculan, setelah banyak wisatawan yang terhambat perjalanan wisatanya karena masa pandemi. Sehingga membuat para pelaku wisata, harus bisa lebih banyak mengeksplorasi potensi wisata yang ada. Agar dapat memberikan inovasi dan nuansa baru pada destinasi wisata yang dikembangkan.

Bener Meriah memiliki banyak air terjun yang tidak hanya alami, tapi juga menyuguhkan pemandangan alam yang memanjakan mata. Tim dokumentasi dan publikasi Bidang Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata Kabupaten Bener Meriah, melakukan eskplorasi potensi wisata air terjun tersembunyi yang sangat luar biasa menarik yang berada di Dusun Menderek, Kampung Alur Gading, Kecamatan Pintu Rime Gayo, yaituAir Terjun Berawang Tampu. Air Terjun Berawang Tampudiyakini merupakan salah satu yang terindah di Indonesia yang 'wajib' dijelajahi karena keindahan pesonanya.

Ketinggian air terjun ini diperkirakan mencapai lebih dari 50 meter yang dikelilingi savana rumput dan dilingkupi hutan lebat di kawasan lembah dan aliran sungai. Untuk mencapai lokasi air terjun Berawang Tampu sangat mudah, hanya butuh waktu satu jam perjalanan mobil dari kota Redelong ke Dusun Menderek Kampung Alur Gading. Dari Simpang Menderek, wisatawan menuju lokasi parkir yang berjarak sekitar 5 Km.

Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki hanya sekitar 200 meter. Lalu, wisatawan langsung bisa menghirup udara segar, menikmati panorama alam air terjun Berawang Tampu yang menakjubkan. Tak jarang kita bisa melihat burung julang emas, rangkong badak, dan rangkong papan berterbangan dengan kepakan sayapnya yang menggelegar bagaikan helikopter melintasi kawasanAir Terjun Berawang Tampuyang asri ini.

Menariknya lagi, di spot ini kita bisa melakukan live streaming, video call bahkan meeting secara daring. Sehingga bisa menyapa para sahabat traveler di seluruh penjuru dunia. Jika wisatawan ingin mandi di kawasan air terjun Berawang Tampu, maka harus berjalan menyusuri sungai dan menjelajah hutan sekitar 30 menit.

Perjalanan tidak menempuh waktu yang lama, tapi pengunjung diminta untuk ekstra hati hati karena area tebing tinggi yang akan sangat menguji keseimbangan. Setelah menempuh perjalanan yang cukup menantang di dasar lembah, pengunjung akan disambut oleh pemandangan yang sangat mengagumkan. Untuk menuju lokasi aliran Berawang Tampu, kita harus didampingi oleh masyarakat lokal.

Karena lokasi ini merupakan bagian dari kawasan ekosistem Gajah Sumatera. Tentunya jika kita beruntung, kita bisa melihat eksotisnya keberadaan gajah liar Sumatera di habitatnya. Pengunjung juga harus menjaga kebersihan objek wisata, dengan tidak membuang sampah sembarangan termasuk hindari corat coret di area wisata.

Kebersihan lingkungan di kawasan objek wisata akan berdampak baik untuk estetika dan kesehatan. Terpenting dari semuanya, bagi para traveler tetap terapkan protokol kesehatan ya.

Continue Reading

Travel

Fakta Unik Gunung Thor dengan Tebing Vertikal Paling Tinggi & Terjal di Dunia

Avatar

Published

on

Pernahkah kamu dengar nama Gunung Thor? Gunung Thor dikenal sebagai gunung dengan tebing tertinggi dan paling terjal di dunia. Tebing ini adalah bagian dari jajaran Gunung Asgard, formasi lain yang dinamai sesuai medannya.

Tanah yang terjal, kasar, dan mengerikan karena jaraknya tidak jauh dari Greenland. Keduanya adalah bagian dari Taman Nasional Auyuittuq di Kanada. Oleh orang Inuit dijuluki "tanah yang tidak pernah mencair".

Lokasi tebing Thor ada di Pulau Baffin. Pulau Baffin lokasinya ada di wilayah terpencil dan masih menjadi misteri karena tidak banyak relawan yang sanggup menjelajah tanah tak berpenghuni ini. Di antara fjord dan jajaran gunungnya, Gunung Thor paling menantang para pendaki.

Mereka sangat ingin menuju puncak Thor. Bagi yang sanggup melakukannya, ganjarannya adalah pemandangan menakjubkan. Lereng tegak tebing ini tingginya mencapai 4101 kaki, seperti batu menggantung dengan sudut 105 derajat.

Taman Nasional Auyuittuq memiliki aturan ketat terhadap pendaki. Sangat berbahaya bagi orang orang yang melanggar aturan. Bukan hanya bahaya jika melompat dari ketinggian seperti itu, tetapi daerah itu sangat terpencil dan terisolasi sehingga membawa tim sar ke daerah itu cukup sulit.

Secara keseluruhan, Gunung Thor memanjang hampir 5.000 kaki lurus ke atas, yang tidak membuatnya menjadi tebing tertinggi di dunia. Tetapi ini membuatnya dijuluki tebing dengan permukaan vertikal paling curam. Selain itu, permukaan batu Gunung Thor adalah granit, membuat permukaan yang keras dan agak halus, jad sangat licin.

Bagi orang yang tidak terlatih pendakian vertikal, sangat tidak disarankan datang ke sini. Sementara bagi mereka yang sudah terlatih, mereka bisa berkemah hingga mengunjungi Nunavut, Kanada untuk banyak kegiatan outdoor termasuk paralayang, terjun payung, serta hiking, karena daerah sekitarnya menakjubkan dilihat di udara.

Continue Reading

Trending