Connect with us

Techno

Kekayaan Pemilik Zoom Bertambah Jadi Rp 120 Triliun Sejak Wabah Corona

Avatar

Published

on

Kemungkinan Anda baru mengetahui Eric Yuan beberapa minggu ini atau bahkan belum tahu siapa dia. Tetapi karena pengusaha asal China inilah sekarang Anda dapat berkomunikasi dengan teman teman meskipun sedang dalam karantina akibat pandemi Covid 19. Untuk pertama kali dalam hidupnya, Eric Yuan, pendiri perusahaan konferensi video Zoom, masuk daftar miliarder Forbes, dengan kekayaan yang diperkirakan senilai US$7,8 miliar atau Rp120 triliun.

Yuan dilahirkan di provinsi Shandong, China. Setelah mempelajari permesinan di salah satu perusahaan raksasa Asia, dia bekerja selama empat tahun di Jepang sebelum bekerja di Amerika Serikat. Sempat ditolak tinggal dan bekerja di AS

Yuan terinsipirasi Bill Gates. Tantangan yang dihadapinya saat tiba di negara terkaya di dunia tersebut adalah bagaimana dapat menjadi pemenang di dunia inovasi teknologi yang sedang berkembang pesat di pertengahan tahun 1990 an di California. Dia sempat ditolak beberapa kali sebelum akhirnya diizinkan tinggal dan bekerja di AS.

Pada tahun 199, di umur 27 tahun, akhirnya Yuan dapat memulai kehidupan baru di Silicon Valley. Disana dia menemukan tempat di mana dirinya dapat mengembangkan keterampilannya. Yuan bekerja sebagai programer di perusahaan WebEx. Sepuluh tahun kemudian, perusahaan tersebut dicaplok Cisco Systems.

Dan di tempat itulah Yuan kemudian menjadi pimpinan bagian Engineering. Yuan mengatakan ide mengembakan Zoom muncul ketika ia dalam perjalanan 10 jam di kereta untuk mengunjungi pacarnya. Ide ditolak dan mendirikan perusahaan sendiri: Zoom

Pada tahun 2011, pengusaha teknologi ini memberikan presentasi kepada para eksekutif Cisco. Dia menjelaskan sebuah aplikasi untuk mengadakan konferensi video, dengan menggunakan komputer kantor dan tablet, disamping juga telepon genggam. Tetapi ide tersebut ditolak.

Yuan mengundurkan diri dari perusahaan tersebut dan kemudian mendirikan usahanya sendiri: Zoom. “Saya pertama kali memikirkan Zoom saat menjadi mahasiswa di China. Saya harus menggunakan kereta selama 10 jam untuk menemui seseorang, yang sekarang menjadi istri saya,” kata Yuan dalam wawancara dengan Medium. “Saya tidak menyukai perjalanan tersebut dan membayangkan berbagai cara lain untuk dapat menemuinya tanpa harus melakukan perjalanan.”

“Inilah yang akhirnya mendasari Zoom,” katanya. Setelah mengundurkan diri dari Cisco, Yuan kesulitan mencari investor untuk merealisasikan proyeknya. Bisnis ini dipandang sudah jenuh dan tidak ada lagi tempat bagi pesaing baru.

Dia kemudian berusaha menghimpun dana dari teman teman dan keluarga, demikian dilaporkan Financial Times. “Pemilihan waktu yang tepat adalahsuatu hal yang sangat penting bagi perusahaan,” katanya. Peningkatan pemakaian telepon pintar dan teknologi penyimpanan informasi di cloud yang memungkinkan terciptanya produk seperti Zoom. Tetapi bahkan istrinya sebenarnya tidaklah yakin, kata Yuan kepada Forbes.

Meskipun demikian sebagai seseorang yang sering melakukan perjalanan bisnis, dia tetap melihat perlunya pengembangan platform yang menfasilitasi rapat jarak jauh. Perusahaan terus berkembang pada bulan April tahun lalu, masuk di pasar saham dan mencatat keberhasilan saat masuk Nasdaq. Sejak saat itu, harga saham Zoom meningkat dalam kelompok kategori perangkat lunak cloud.

Di tengah pandemi, pasar keuangan anjlok, namun harga saham Zoom naik hampir 14% sejauh ini. Bulan Desember lalu, perusahaan ini mencatat 10 juta pengguna sehari, bulan Maret tahun ini 200 juta dan sejauh ini sampai April 300 juta, menurut data dari perusahaan itu. Pasar memperkirakan keberhasilan Yuan meningkat lebih dari US$40 miliar dalam waktu tiga bulan saja karena masa karantina pandemi Covid 19 dan meningkatnya permintaan untuk komunikasi jarak jauh.

Mudah digunakan, tapi sistem keamanan dipertanyakan Para pakar teknologi sepakat bahwa tingginya penggunaan Zoom karena muda digunakan, dan pengguna tak perlu mendaftar, dengan 100 orang dapat bergabung, dan juga gratis, untuk masa komunkasi selama 40 menit. Graham Cluley, konsultan keamanan siber Inggris mengatakan kepada BBC bahwa dalam belakangan muncul pertanyaan soal keamanan.

"Banyak peneliti keamanan internet meneliti kode, dan sebagian menemukan ada masalah keamanan," kata Cluley. Namun, tambahnya, perusahaan itu segera mengeluarkan perangkat lunak tambahan untuk meningkatkan sistem keamanan. "Zoom mungkin tidak ideal untuk politisi tingkat tinggi membicarakan isu sensitif, namun bagi sebagian besar orang, Zoom merupakan pilihan," tambahnya.

Tugas dan pendidikan ialah mengusahakan agar anak tidak mempunyai anggapan keliru bahwa kebaikan sama dengan bersikap loyo dan kejahatan sama dengan bersikap giat.

Techno

Gojek Kenalkan Solusi Satu Atap buat Percepat Digitalisasi UMKM

Avatar

Published

on

– Gojek menyiapkan solusi satu atap melalui peluncuran situs baru, www.melajubersamagojek.com, sebagai wujud komitmennya untuk memfasilitasi sektor UMKM yang ingin Go Digital. Dalam peluncuran situs tersebut belum lama ini, Co CEO Gojek Andre Soelistyo menjelaskan bahwa solusi dan inisiatif yang terangkum dalam inisiatif #melajubersamagojek itu dirancang oleh perusahaan superapss itu berdasarkan asas gotong royong. Perusahaan aplikasi ini berusaha menangkap semangat daya juang para pengusaha UMKM yang mencapai 60 juta di seluruh Indonesia dan telah menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

Namun di saat pandemi, tidak sedikit mitra UMKM yang terpaksa harus menutup usahanya sementara. Andre menyatakan, pihaknya sigap membaca kebutuhan mitranya dan merancang berbagai solusi platform digital yang inklusif dan komprehensif untuk membantu mitra UMKM itu untuk tidak hanya bertahan tapi melaju kembali di masa pandemi ini. “Kepercayaan terhadap Gojek dan ekosistem digitalnya terus meningkat, sebagaimana ditunjukkan dari meningkatnya jumlah mitra UMKM yang bergabung dengan kami. Melalui inisiatif ini, kami berharap akan muncul lebih banyak entrepreneur baru dengan solusi yang Gojek tawarkan,” ujar Andre, Selasa (18/8/2020).

Menurut Andre, secara garis besar inisiatif #MelajuBersamaGojek memiliki dua fokus, yaitu solusi pengembangan usaha dan solusi untuk mempermudah operasional. Guna memudahkan pelaku UMKM, menemukan solusi yang cocok ada kuis mudah dan interaktif dalam situs tersebut yang akan membantu UMKM mengidentifikasi solusi terbaik dari rangkaian solusi komprehensif Gojek . Solusi yang ditawarkan mulai dari pemasaran, pemesanan (pemrosesan order pembayaran, pengiriman, hingga administrasi. Ragam solusi tersebut dapat langsung digunakan oleh semua tipe UMKM, dari yang berskala mikro hingga besar.

Beberapa contoh solusi yang ada antara lain aplikasi keyboard dan dashboard, Selly, untuk memudahkan UMKM memproses pesanan pelanggan, MidTrans Payment Link yang adalah solusi pembayaran paling lengkap untuk usaha online, aplikasi GoBiz untuk mempermudah pengelolaan operasional melalui point of sale bagi pelaku UMKM (pesan antar, pengaturan promosi, pembayaran). Kemudian, aplikasi Moka yang adalah aplikasi kasir online dan alat pembayaran nontunai, layanan GoSend & GoBox, layanan pembayaran GoPay, layanan akses pendanaan via GoModal, aplikasi pemesanan bahan baku via GoFresh, aplikasi pemesanan makanan GoFood dan GoShop. Gojek juga bekerja sama dengan mitra pembayaran seperti QRIS dan Link Aja, dan penyedia logistik Pos Indonesia, Paxel, dan JNE.

“Digitalisasi itu kuncinya. Kami senang dapat memberikan akses [bantuan] kepada mereka,” tandas Andre. Andre memaparkan, Gojek sebelumnya membutuhkan 4 5 tahun untuk dapat membangun kerja sama dengan lebih dari 500.000 merchants UMKM. Namun dalam empat bulan terakhir ini, perusahaan superapps besutan anak bangsa itu berhasil membangun kerja sama dengan 120.000 mitra UMKM baru.

Menurutnya, ini merupakan bukti kepercayaan UMKM pada Gojek bahwa solusi berbasis digital yang ditawarkannya tidak hanya membantu mereka bertahan namun juga mengakselerasi pertumbuhannya di masa pandemi.

Continue Reading

Techno

Vivo Buka Pre-order Gelombang Ketiga Vivo X50 Pro

Avatar

Published

on

Vivo mengumumkan pembukaan pre order tahap tiga Vivo X50 Pro, yang akan dimulai tanggal 16–25 Agustus 2020. Melanjutkan penjualan Vivo X50 Series yang diluncurkan pada bulan Juli lalu, pre order periode ketiga ini dilaksanakan berkat antusiasme konsumen yang tak hentinya, serta permintaan yang tinggi untuk Vivo X50 Series. Selama masa pre order ketiga Vivo X50 Pro, konsumen juga akan mendapatkan benefit eksklusif secara langsung, yaitu Vivo Power Bank khusus pre order online.

Senior Brand Director Vivo Indonesia, Edy Kusuma menunjukkan apresiasinya kepada konsumen setia Vivo. "Diluncurkannya Vivo X50 Series sendiri menjadi milestone tersendiri bagi vivo, terutama sebagai professional photography flagship smartphone pertama dari vivo Indonesia. Dengan apresiasi yang begitu hebat dari dua masa pre order sebelumnya, kami bersyukur, berterima kasih, dan semakin yakin untuk memperpanjang masa pre order vivo X50 Pro hingga 25 Agustus 2020 nanti dengan tujuan memberikan lebih banyak benefit bagi konsumen," tutur Edy, Minggu (16/8/2020). Sebelumnya pre order periode pertama Vivo X50 Series berhasil meraih penjualan tertinggi, baik untuk Vivo X50 Pro dan Vivo X50, sesuai segmennya masing masing.

Dilanjutkan selama pre order periode kedua khusus Vivo X50 Pro yang ternyata juga mendapatkan respon penjualan positif, baik secara online maupun offline. "Kini untuk memenuhi permintaan serta antusiasme pecinta teknologi dan fotografi, serta konsumen setia, Vivo di Indonesia membuka pre order Vivo X50 Pro periode ketiga agar memfasilitasi konsumen dan memberikan benefit dan periode yang lebih panjang," ungkap Edy. Selain Vivo X50 Pro, untuk seri Vivo X50 konsumen dapat langsung membeli tanpa melakukan pre order baik melalui online dan offline vivo store resmi dan partner di Indonesia.

Pre order periode ketiga Vivo X50 Pro digelar secara omni channel, baik secara online melalui vivo official store di e Commerce partner seperti Blibli.com, JD.ID, Tokopedia, Shopee dan Lazada, maupun secara offline pada Vivo Store di seluruh provinsi di Indonesia, sehingga konsumen dapat langsung mengakses kanal penjualan favoritnya. Selain itu, setiap pembelian Vivo X50 Series, secara langsung konsumen juga dapat langsung mendaftarkan dirinya untuk menjadi bagian dari Vivo X CLUB yang merupakan komunitas pengguna Vivo X Series dengan tambahan bermacam penawaran istimewa. Pengguna hanya perlu mendaftarkan IMEI dari Vivo X50 Pro atau Vivo X50 di vivosmartphone.id untuk mendapatkan aneka benefit eksklusif.

Di antaranya adalah VIP Service Center, penawaran diskon 20 persen untuk pembelian aksesoris Vivo berupa Vivo TWS Neo, layanan antar jemput gratis, antrean prioritas dan garansi penggantian produk dengan syarat dan ketentuan berlaku, serta free subscription tiga bulan YouTube Premium. Total benefit yang akan didapat dengan mendaftarkan diri menjadi anggota X Club mencapai Rp 5 juta. "Pre order periode ketiga ini dilaksanakan berkat antusiasme dan dukungan konsumen yang pastinya akan memberikan semangat lebih besar bagi Vivo untuk terus berinovasi, menciptakan produk teknologi yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen setia kami.

Tanpa umpan balik positif ini, kami tidak akan dapat berkembang sejauh ini dan menjadi salah satu smartphone favorit di tanah air," jelas Edy Kusuma. Mengusung slogannya "Photography, Redefined", Vivo X50 Pro sebagai professional photography flagship smartphone pertama dari Vivo Indonesia membawa inovasi teknologi Gimbal Stabilization dalam sebuah smartphone. Berkat kehadiran teknologi Gimbal Stabilization, membantu pengguna foto maupun video tetap stabil dan terintegrasi dengan fitur kamera lainnya yakni Extreme Night Vision serta 60x Hyper Zoom yang tentunya akan menciptakan pengalaman mobile photography yang baru dan lebih baik bagi penggunanya.

Varian lainnya yaitu vivo X50 juga hadir dengan fitur kamera yang tak kalah canggih yang didukung dengan fitur Extreme Night Vision dengan kemampuan Ultra Stable OIS, seta terdapat juga fitur kamera 20x Zoom sebagai andalan foto dalam jarak jauh. Vivo X50 juga memiliki X Class design premium yang sleek dam slim dengan bodi tertipis dan paling ringan pada kelasnya saat ini.

Continue Reading

Techno

RAM LPDDR5 di Samsung Galaxy Note20 Series Hadirkan Performa Menakjubkan

Avatar

Published

on

Salah satu rahasia performa unggul di Samsung Galaxy Note20 Series adalah disematkannya prosesor Exynos 990 Octa Core 2,73GHz. Prosesor inilah yang membuat smartphone flagship terbaru dari Samsung ini memiliki performa mumpuni. Prosesor Exynos 990 besutan Samsung yang tertanam di Samsung Galaxy Note20 Series menunjang beragam aktivitas penggunanya, mulai dari bermain gim hingga membuat konten kreatif seperti video. Performa Samsung Galaxy Note20 Series juga ditunjang oleh penggunaan RAM LPDDR5.

Dengan kapasitas RAM LPDDR5 berkapasitas 8 GB, performa Samsung Galaxy Note20 series jadi jauh lebih ngebut jika dibandingkan dengan Samsung Galaxy Note10+ yang menggunakan RAM 12GB jenis LPDDR4x. Hal ini tak lepas dari kemampuan LPDDR5 yang memiliki data rate sebesar 6400 Mbps yang lebih kencang 1,5x dibanding LPDDR4x. Dengan data rate tersebut, kecepatan transfer data pada LPDDR5 mencapai 51,2 GB per detik.

Product Marketing Manager Samsung Mobile, Samsung Electronics Indonesia Taufiqul Furqan mengatakan, dalam pengembangan setiap produk, Samsung selalu mengedepankan pengalaman pengguna. Keunggulan RAM yang dihadirkan Samsung di setiap generasi smartphone nya tidak hanya makin mumpuni dalam kapasitasnya saja, namun juga dari aspek performanya dengan bersandarkan pada teknologi terbaru yang digunakan. Taufiqul menegaskan, Samsung Galaxy Note20 Ultra menggunakan RAM LPDDR5 berkapasitas 8GB yang telah ditingkatkan dari seri sebelumnya yang menggunakan teknologi LPDDR4x.

RAM 8GB LPDDR5 sendiri sudah sangat baik untuk mendukung performa bermain beragam gim di Samsung Galaxy Note20 Series, mulai dari bermain gim casual seperti Mobile Legend, hingga gim seberat PUBG atau Fortnite, maupun merekam video 8K. Sebagai informasi, gim Mobile Legend yang merupakan game paling populer di kalangan mobile gamer atau Fortnite yang dikenal sebuah game berat membutuhkan kisaran memori RAM sebesar ratusan megabyte hingga 2GB saja. Taurfiqul juga menyebutkan, Samsung telah melakukan pengujian pada device 8GB LPDDR5 dan menemukan bahwa kemampuan ini merupakan sebuah sweet spot untuk smartphone terutama saat digunakan untuk keperluan sehari hari.

"RAM LPDDR5 ini, mampu menunjang kinerja yang lebih baik saat penggunaan Samsung DeX yang dibarengi dengan Samsung Notes, bermain gim dan aktivitas seru lainnya menggunakan Samsung Galaxy Note20 Series," ujar Taufiqul. Bagi konsumen Indonesia yang ingin memiliki Samsung Samsung Galaxy Note20 Series, bisa langsung mengikuti pre order mulai 6 Agustus hingga 19 Agustus 2020.

Samsung juga memberikan penawaran menarik selama masa pre order, dengan memberikan e voucher untuk pembelian Galaxy Buds+ senilai Rp 2.399.000 untuk pemesanan Samsung Galaxy Note20 yang dibanderol Rp 14.499.000. Kemudian untuk pembelian Samsung Galaxy Note20 Ultra varian 8GB + 255GB dibanderol Rp 17.999.000, sementara varian 8GB + 512 seharga Rp 19.999.000. Setiap pemesanan Samsung Galaxy Note20 Ultra akan disertai dengan e voucher untuk pembelian Galaxy Buds Live senilai Rp 2.599.000.

Peserta pre order juga berkesempatan untuk mendapatkan Bank Cashback hingga Rp 1.000.000 dengan bunga cicilan 0 persen dan periode hingga 24 bulan bila menggunakan mitra mitra Bank Samsung di Indonesia. Sedangkan bagi yang sudah melakukan Handraiser dan melanjutkan dengan pembelian akan mendapatkan smart case cover senilai Rp 699.000. Untuk mengikuti pre order atau mendapatkan informasi lebih lanjut dapat dilakukan dengan mengunjungi situs Pre Order Samsung di www.galaxylaunchpack.com.

Selain itu juga dapat dipesan melalui berbagai e commerce yang telah bekerja sama dengan Samsung untuk pre order kali ini, yaitu Lazada, JD.ID, Blibli, Shopee, Tokopedia, Eraspace, Bukalapak, Akulaku, Bhinneka.com, Dinomarket, dan Global Teleshop.

Continue Reading

Trending