Connect with us

Pendidikan

Pengumuman PPDB SMA di Bandar Lampung Ditunda, Ini Penyebabnya

Avatar

Published

on

Pengumuman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA di Kota Bandar Lampung ditunda. Sedianya, Disdikbud Bandar Lampung mengumumkan hasil PPDB pada Kamis, 20 Juni 2019 ini. Namun, pengumuman ditunda karena adanya laporan masyarakat ke Ombudsman RI Perwakilan Lampung.

Kabid Pembinaan SMA Disdikbud Lampung Diona Katharina menyatakan, pengumuman PPDB tahun ajaran 2019/2020 ditunda karena adanya laporan masyarakat melalui Ombudsman. Dalam laporannya, masyarakat menilai pelaksanaan PPDB bertentangan dengan Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018. "Kami dilaporkan terkait domisili. Karena di dalam juknis terdapat item surat keterangan domisili yang dikeluarkan disdukcapil. Sementara di Permendikbud hanya berupa pengantar dari (ketua) RT dan lurah," beber Diona.

Lebih lanjut Diona menjelaskan, Disdikbud menyelenggarakan PPDB berdasarkan surat edaran dari Mendikbud dan Mendagri. Intinya Disdikbud diminta untuk berkoordinasi dengan Disdukcapil terkait kartu keluarga dan domisili. Aturan tersebut juga diberlakukan untuk mengurangi indikasi kecurangan yang dilakukan oleh calon siswa, seperti mengubah domisili agar diterima di sekolah yang diinginkan.

Diona menjelaskan, Disdikbud juga akan membahas masalah ini dengan gubernur. "Kami akan melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan Bapak Gubernur. Sehingga pengumuman PPDB akan kita tunda sampai hasil konsultasi didapat," ujar Diona. Salah satunya Atun, yang anaknya mendaftar di SMA Negeri 5 Bandar Lampung.

Ia mengaku telah menunggu sejak pukul 08.00 WIB. Namun, hingga belum mendapatkan kejelasan terkait pengumuman PPDB. "Tadi disuruh nunggu sampai jam satu siang ini, karena pihak sekolah masih menunggu kebijakan dari dinas," ucap Atun.

Atun mengaku hendak melakukan pendaftaran ulang anaknya yang dinyatakan diterima melalui laman Namun, pendaftaran diundur karena pengumuman resmi di sekolah belum keluar. Di sekolah lain, terlihat juga beberapa orangtua siswa menunggu kejelasan pengumuman tersebut.

Iin, orangtua siswa yang mendaftar di SMA Negeri 13 Bandar Lampung, mengaku akan menunggu sampai ada kejelasan soal pengumuman PPDB. "Saya tunggu saja di sini sampai sekolahnya tutup," ucap Iin. Sementara di SMA Negeri 15 Bandar Lampung, orangtua siswa yang anaknya dinyatakan diterima melalui situs online PPDB diberikan pengarahan untuk mengecek ulang kembali melalui situs sman15 bdl.sch.id.

Tugas dan pendidikan ialah mengusahakan agar anak tidak mempunyai anggapan keliru bahwa kebaikan sama dengan bersikap loyo dan kejahatan sama dengan bersikap giat.

Pendidikan

Jawaban Soal TVRI Kelas 4-6 SD 18 Agustus Menurut Pendapatmu Mengapa Kita Perlu Mempelajari Sejarah

Avatar

Published

on

Berikut kunci jawaban soal "Menurut pendapatmu, mengapa kita perlu mempelajari Sejarah?" Pertanyaan di atas merupakan soal nomor satu dalam program belajar dari rumah TVRI untuk kelas 4 6 SD. Program belajar dari rumah TVRI untuk kelas 4 6 SD tayang pada Selasa (18/8/2020) pukul 09.00 WIB hingga 09.30 WIB.

Meteri yang diusung yakni Sejarah Peristiwa Rengasdengklok. Secara keseluruhan terdapat tiga soal yang diberikan sebagai tugas siswa SD kelas 4 6. Kunci jawaban soal tugas ini diperuntukkan bagi orang tua atau wali untuk mengoreksi hasil belajar anak.

1. Menurut pendapatmu, mengapa kita perlu mempelajari Sejarah? Jawaban Tujuan dari mempelajari sejarah yakni untuk mengetahui kejadian atau peristiwa yang terjadi pada masa lalu.

Mengetahui apa yang terjadi pada masa lalu dapat digunakan sebagai pedoman dalam mencapai masa depan. 2. Mengapa para pemuda membawa Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok menjelang proklamasi kemerdekaan? Jawaban

Peristiwa ini terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945 dini hari, Soekarno dan Hatta dibawa ke Rengasdengklok, Karawang, oleh para pemuda. Para pemuda mendesak agar Soekarno dan Hatta mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Pada peristiwa tersebut, Mr. Achmad Subardjo meyakinkan para pemuda bahwa proklamasi selambat lambatnya akan dilaksanakan pada 17 Agustus 1945 pukul 12 siang.

Setelah didapat kesepakatan dari golongan tua dan muda, Soekarno dan Hatta dapat kembali ke Jakarta. 3. Bagaimana caranya agar kita bisa memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi seperti Soekarno? Jawaban

Kita harus belajar sejarah agar memahami pengorbanan para pahlawan dalam merebut Nusantara dari tangan penjajah. Tidak hanya memahami, kita juga harus berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan. Membangun dan mempertahankan rasa cinta tanah air kita dengan cara misal memilih produk produk dalam negeri.

Artikel ini hanya digunakan oleh orangtua atau wali untuk memandu proses belajar anak. Soal di atas bersifat terbuka, sehingga masih banyak alternatif jawaban lain. Dari materi belajar di rumah TVRI, orang tua diharapakan memandu secara langsung proses belajar anak.

Sehingga anak meraih kompetensi literasi berupa menulis esai pendek untuk menggambarkan pengamatan dan pengalamannya dengan lebih terstruktur. Kidi & Widi: Aku Bisa Membereskan Mainanku Sendiri Sahabat Pemberani

Sejarah: Peristiwa Rengasdengklok Relasi dan Fungsi Lesson 11: This is my neighborhood (ini lingkunganku)

Persamaan Trigonometri untuk Sinus Budaya Lokal dan Toleransi Ketika Bung di Ende (RR)

Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud. Jika ada perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut.

Continue Reading

Pendidikan

Belajar dari Rumah Materi Faktor & Kelipatan KUNCI Jawaban Soal TVRI 30 Juli 2020 SD Kelas 4-6

Avatar

Published

on

Berikut soal dan jawaban TVRI SD kelas 4 6 untuk Kamis, (30/7/2020). Besok, siswa SD kelas 4 6 akan belajar materi faktor dan kelipatan. Materi SD kelas 4 6 dapat disimak mulai dari pukul 09.00 09.30 WIB.

Setelah materi disampaikan, siswa akan diberikan tiga buah soal untuk dijawab. Tim tari Ekskul SD Makmur terdiri dari 8 orang. Tim tari akan mengikuti Lomba Porseni. Tiap tim menampilkan berbagai bentuk formasi tarian. Berapa formasi tarian yang dapat dibentuk oleh tim tari tersebut? Jawaban:

Formasi tim tari yang terdiri dari 8 orang adalah: X 8 2 x 4 Jadi, jumlah formasi tarian yang dapat dibentuk oleh tim tari tersebut 2 formasi.

Sepasang bilangan prima antara 15 dan 30 jumlahnya 52 dan bedanya 6. Pasangan bilangan prima manakah itu? Jawaban: Daftar bilangan prima antara 15 dan 30 adalah 17, 19, 23, 29.

Jadi 2 bilangan tersebut adalah 23 dan 29, karena bila dijumlahkan hasilnya 52 dan selisih adalah 6. Leni, Siti, dan Dina bermain lompat tali di halaman depan rumahnya. Mereka bermain secara bergantian sesuai dengan urutan masing masing. Leni mendapat urutan ketiga. Jika Leni bermain sebanyak 8 kali, pada urutan ke berapa Leni bermain lagi? Jawaban:

Kelipatan dari 3 = 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, 24, 27, dan seterusnya Leni bermain sebanyak 8 kali, maka ia akan main lagi pada urutan ke 3, 6, 9, 12, 15, 18, 21, dan 24. Artikel ini hanya digunakan oleh orangtua untuk memandu proses belajar anak.

Kompetensi numerasi yang ingin dicapai lewat tayangan ini adalah mengidentifikasi, menduplikasi, dan memperluas pola bilangan yang melibatkan operasi pengurangan. Materi PAUD & Sederajat Jalan Sesama: Momon Sang Detektif

Materi SD Kelas 1 3 dan Sederajat Pengurangan Materi SD Kelas 4 6 dan Sederajat

Faktor dan Kelipatan Materi SMP dan Sederajat Pola Bilangan

Bahasa Inggris Lesson 6: Where is the gym? (Di mana tempat olahraga?) Materi SMA & Sederajat

Persamaan Eksponen Bentuk 4, 5, dan 6 Beranda Pak RT Tantangan Ekonomi Warga

Film Pendek: Nunggu Teka Lemantun

Kembalilah dengan Tenang Wan An Jadwal ini dapat berubah sewaktu waktu sesuai kebijakan penyiaran TVRI dan Kemendikbud.

Perubahan jadwal akan diinformasikan lebih lanjut. Tidak hanya bisa disimak melalui televisi, program Belajar dari Rumah juga bisa disaksikan melalui live streaming online. Berikut link live streaming untuk tayangan TVRI Belajar dari Rumah secara online:

Continue Reading

Pendidikan

Sepupuku Monti 26 Juli 2020 Link Live Streaming TVRI Belajar dari Rumah Minggu Jalan Sesama

Avatar

Published

on

Berikut link live streaming TVRI Belajar dari RumahMinggu, 26 Juli 2020, Jalan Sesama: Sepupuku Monti. Pada Minggu, TVRI menyuguhkan berbagai tayangan menarik dan mengedukasimulai pukul 08.00 hingga 11.00 WIB. Ada cerita tentang Sepupuku Monti hingga PODBOX yang membahas Musik dan Komunitas.

Selain dapat disaksikan melalui televisi, program TVRI Belajar dari Rumah juga bisa disaksikan secara live streaming. 08.00 08.30 Jalan Sesama : Sepupuku Monti

08.30 09.00 Dapur Anak 09.00 10.00 WIB

PODBOX: Musik dan Komunitas 10.00 10.30 WIB Dokumenter: Rekam Pandemi

10.30 11.00 WIB Ragam Indonesia Sesuai informasi pada laman Kemdikbud.go.id, program ini akan berjalan selama tiga bulan.

"Untuk sementara, program ini direncanakan akan dimulai pada Senin, 13 April 2020, dan akan berjalan selama tiga bulan hingga Juli 2020," jelas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim. Direktur Jenderal Kebudayaan (Dirjenbud), Hilmar Farid, menjelaskan program Belajar dari Rumah ini dijadwalkan setiap Senin hingga Jumat, untuk pembelajaran dengan total durasi tiga jam per hari untuk semua tayangan. "Jadi masing masing ada setengah jam. Setengah jam untuk PAUD, setengah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD, dan setengah jam masing masing untuk SMP, SMA, dan parenting ," tutur Hilmar.

Hilmar juga menjelaskan, materi program diambil dari berbagai sumber. Sebagian besar materi sudah diproduksi Kemendikbud melalui Televisi Edukasi (TVE) maupun produksi dari pihak dicontohkan sumber materi dari luar Kemendikbud, yakni Jalan Sesama untuk jenjang PAUD. Selain itu, Hilmar juga menjelaskan terkait program kebudayaan yang akan ditayangkan pada Sabtu dan Minggu.

Nantinya terdapat durasi tiga jam khusus untuk program program kebudayaan, antara lain gelar wicara (talkshow),podcast, kesenian, danmagazinetentang perkembangan budaya dari seluruh Indonesia. Sedangkan pada malam hari akan ditayangkan film Indonesia pilihan dari berbagai genre seperti film anak, drama, dan dokumenter. Hilmar menambahkan, Kemendikbud telah menyiapkan sekitar 720 episode selama 90 hari untuk program Belajar dari Rumah yang ditayangkan di TVRI.

Continue Reading

Trending